Wednesday, September 23, 2015

Gua Blaban Madura

Gua Blaban Pamekasan Madura

Gua blaban merupakan Gua hasil temuan warga Madura. Gua blaban ini berada di Dusun Rojing, Desa Blabar, Kecamatan Batumarmar, Pamekasan Madura Gua Blaban ini ditemukan oleh warga sekitar.

Pintu Masuk Gua Blaban
Pekerja penggali sumur milik Sati warga Dusun Rojing, Desa Blabar, Kecamatan Batumarmar, Pamekasan sekitar pukul 10.00 WIB menemukan gua yang diduga berisi batu akik.

Penemuan Gua Blaban Pamekasan Madura

Temuan itu bermula saat beberapa orang pekerja sedang menggali sumur untuk kebutuhan air minum. Pada kedalamam 7 meter, penggali sumur justru menemukan lubang besar berdiameter 50 meter persegi dan pada dinding lubang itu penuh dengan batu akik.

Atas temuan itu, pemilik sumur langsung melaporkan ke Kepala Desa Blaban Sukrianto dan selanjutnya informasi penemuan gua batu akik itu menyebar luas di masyarakat.

Pintu Utama Gua Blaban
Kabar penemuan gua batu akik ini, membuat warga dari desa tetangga dan bahkan beda kecamatan berbondong-bondong datang ke Dusun Rojing, Desa Blaban, Kecamatan Batumarmar, Pamekasan. Lokasi gua batu akik itu kini dijaga polisi, karena dikhawatirkan batu-batu yang ada di dalam gua diambil oleh warga.

Warga Tampak Mengerumuni Pintu Utama Gua Blaban

Terkait penemuan gua batu akik itu, Dinas Pemuda Olahraga dan Kebudayaan (Disporabud) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, akan meneliti potensi gua batu akik tersebut.

Gua Blaban Pamekasan

Gua itu ditemukan secara tidak sengaja saat Sati berencana membuat sumur di halaman rumahnya…Saat menggali sumur sedalam kira-kira 7 meter, warga yang membantu menggali sumur itu terkejut dengan adanya sebuah lubang yang kalo diintip (diinceng bhs jawa) kelihatan cahaya berkilau…Warga pun sempat ketakutan melihat fenomena ini…Penggalian pun sempat dihentikan…

Warga Tampak Mengerumuni Pintu Utama Gua Blaban
Setelah melakukan rembugan/musyawarah maka warga dan Sati pun melanjutkan penggalian itu…Setelah digali lebih dalam dan lubang yang ditemukan diperlebar maka tampaklah sebuah gua yang fantastis… Gua itu indah penuh gemerlap cahaya yang dipantulkan oleh batu-batu yang menempel pada dinding dan sekitar gua….Di dalam gua adem sekali dan hamparan stalaktit dan stalakmitnya memukau mata….Persis kayak gua di negeri dongeng…

Tampak Dalam Gua Blaban

Tampak Dalam Gua Blaban
Sati sang pemilik tanah yang berencana membuat sumur mengaku bahwa dirinya bermimpi bertemu sesosok wanita cantik yang memakai jubah putih yang bercahaya, malam sebelum penggalian sumur dilaksanakan…

Tampak Sejumlah Warga Melihat Keindahan Gua Blaban
Untuk mencegah pengrusakan dari membludaknya masyarakat yang ingin melihat langsung gua itu maka pihak Kelurahan beserta Kepolisian setempat memasang garis polisi agar warga tak masuk dan melihat gua itu dulu…Bagi warga yang ingin melihat, polisi dan perangkat desa memajang foto gua yang ditempel di dinding rumah warga terdekat bagi pengunjung…Menurut pihak kelurahan, gua ini bisa dijadikan obyek wisata tapi harus dipersiapkan sarananya…

Tangga Pintu Utama Menuju Gua Blaban
Sejak ditemukannya gua bawah tanah oleh masyarakat Dusun Rojhing Desa Blaban Kec. Batumarmar, Pamekasan, jalan menuju ke daerah ini mulai ramai. Setidaknya ada saja para pengunjung yang ingin mengobati rasa penasarannya terhadap Gua Blaban.

Rute Menuju Gua Blaban Madura

Untuk tiba ke lokasi Gua Blaban, dari arah Surabaya, wisatawan bisa melewati arah Ketapang kota Sampang- terus menuju pantai utara. Di pertigaan pasar Ketapang Sampang, pengunjung mengambil jalur ke kanan atau ke arah timur.  Setelah melewati Kec. Sokobanah, wisatawan akan langsung memasuki Kec. Batumarmar Pamekasan. Setelah tiba di pertigaan Kec. Batumarmar, wisatawan mengambil jalur ke kanan atau ke arah selatan sejauh ± 1 Km. Untuk tiba di lokasi gua, pengunjung harus memasuki gang ke barat. Jika bingung, bisa bertanya ke masyarakat setempat.

No comments:

Post a Comment